Beberapa keistimewaan TOEFL ITP yakni:
Sedangkan untuk yang bukan TOEFL ITP seperti TOEFL Prediction, TOEFL A-LIKE, memiliki beberapa kriteria yakni:
- Terpercaya, berlisensi dari ETS dan diterima oleh universitas di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris, diantaranya adalah Taiwan, Jepang, Korea untuk program-program non gelar, pasca sarjana dan program internasional.
- Standar internasional, yang dapat dipetakan dengan menggunakan CEFR (Common European Framework of Reference) yaitu standar internasional untuk memberikan gambaran kompetensi bahasa seseorang.
- Valid dan akurat, dirancang melalui serangkaian penelitian oleh ETS yang memiliki pengalaman sejak tahun l964 mengembangkan lebih dan 50 juta ujian dalam setahun
- Peserta akan memperoleh lembar nilai dan sertifikat yang mencantumkan tidak hanya nilai tapi juga penjelasan kompetensi bahasa Inggris yang informatif
- Keistimewaan ainnya, diterima sebagai syarat:
- penerimaan karyawan baru
- promosi jabatan
- seleksi program beasiswa Nasinal dan internasional, Contoh Beasiswa 5000 Doktor, LPDP dan lain-lain
- Penyelenggaraan dapat dilakukan di kantor institusi dan oleh staf institusi sendiri
Sedangkan untuk yang bukan TOEFL ITP seperti TOEFL Prediction, TOEFL A-LIKE, memiliki beberapa kriteria yakni:
- Tidak memiliki lisensi
- Bersifat Lokal
- Tidak terukur dan tidak valid yang diantaranya dengan mengambil materi dan berbagai sumber
- Tidak di terima oleh universitas di luar negeri untuk program-program non gelar, pasca sarjana dan program-program lainnya
- Tidak diterima sebagai syarat penenimaan karyawan baru dan syarat promosi jabatan
- Tidak di terima sebagai syarat seleksi program beasiswa internasional.
- Ujian diselenggara kan di institusi yang membuat soal.
- Peserta hanya akan memperoleh sertifikat dan/atau rincian nilai tanpa ada penjelasan kompetensi bahasa Inggris yang informatif
- TOEFL ITP Assessment Series, Educational Testing Service (ETS) https://www.ets.org/toefl_itp/
- Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta http://www.iief.or.id/
0 comments:
Posting Komentar