Selasa, 08 November 2022


Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya, Dr. Rahmadi Nirwanto, M.Pd mewakili Rektor IAIN Palangka Raya, membuka acara secara resmi International Workshop on “How to Develop Speaking Skill,” yang diselenggarakan oleh Prodi Tadris Bahasa Inggris pada hari Jum’at, 4 Nopember 2022 bertempat di Aula Asmaul Husna IAIN Palangka Raya. Yang menjadi  narasumber pada acara ini adalah Yuta Otake, dari Regional English Office (RELO) Fellow, US Embassy. Turut mendampingi kepala UPT, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa (Akhmad Ali Mirza, M.Pd), Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris (Hesty Widiastuty, M.Pd). Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen, alumni, hampir seluruh mahasiswa  aktif Prodi TBI IAIN Palangka Raya.



Sebelum membuka acara, mewakili rektor, Dr. Rahmadi Nirwanto, M.Pd menyampaikan beberapa poin terkait pentingnya penyelenggaraan workshop. Pertama,  pada saat ini kita sedang menggalakkan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang menjadi modal berkomunikasi dengan masyarakat gobal. Oleh karena itu kehadiran maupun kontribusi pengetahuan orang yang mumpuni di bidang pengajaran bahasa Inggris, yang berskala internasional sangat diperlukan. Kedua, Kehadiran narasumber selain sebagai “Native Speaker,” dia berperan juga sebagai Teacher atau Trainer, tentu  memiliki metodologi yang banyak dalam mengajar bahasa Inggris agar lebih efektif. Kita berharap bahwa kehadirannya akan membawakan metode/ strategi belajar terbaru yang dapat membuat pembelajaran menarik dan menyenangkan. Ketiga, selama itu kita berbahasa Inggris hanya digunakan di antara orang-orang Indonesia saja, belum pernah teruji. Dengan bertemu narasumber, kita bisa menguji apakah bahasa Inggris kita sudah bisa dipahami atau tidak. Kalau terjadi kesalahan penggunaan kata, lafal dan lain-lain, kita bisa mendapatkan masukkan (feedback) langsung dari native speaker untuk memperbaiki bahasa Inggris kita. Keempat, tentu itu juga merupakan kesempatan untuk prodi maupun pusat bahasa untuk melakukan penjajagan potensi kerjasama yang bisa menguntungkan  berbagai  pihak.

 

Pada sore harinya diadakan pelatihan TOEFL dengan tema: Tips and Tricks of Learning TOEFL yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya di tempat yang sama.

Posted by UPT BAHASA On 19.54.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Postingan Populer

Archive

Hubungi Kami