PROFIL UPT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN PALANGKA RAYA

Sejarah Perkembangan

            Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya didirikan pada tahun 1997 yang pada saat itu masih bernama Pusat Bahasa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangka Raya. Sejarah perkembangan UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya tidak lepas dari sejarah perkembangan lembaga induknya yaitu IAIN Palangka Raya, yang berawal dari Fakultas Tarbiyah Al-Jami’ah yang didirikan pada tahun 1972. Kemudian pada 1985, Fakultas Tarbiyah Al-Jami’ah Palangka Raya bergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (BKS-PTAIS). Sesuai dengan pola perkembangannya, pada tahun 1988 Fakultas Tarbiyah Al-Jami’ah Palangka Raya berubah status menjadi Fakultas Tarbiyah Negeri yang merupakan Fakultas Tarbiyah di luar induk dan menjadi bagian dari IAIN Antasari Banjarmasin. Kemudian pada tahun 1997, Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangka Raya berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya. Pada saat menjadi STAIN Palangka Raya ini lah Pusat Bahasa STAIN Palangka Raya telah didirikan. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 1997 tentang pendirian STAIN Palangka Raya serta Keputusan Menteri Agama RI Nomor 301 tahun 1997 tentang Organisasi dan Tata Kerja STAIN Palangka Raya (PMA RI No. 301 Tahun 1997). Lalu, pada tahun 2015 STAIN Palangka Raya telah bertransformasi menjadi IAIN Palangka Raya. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Palangka Raya (PMA RI No. 8 Tahun 2015). Sesuai dengan perkembangan dinamika positif di kampus IAIN Palangka Raya, maka pada tahun 2015 berganti nama menjadi UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya. Hal ini berdasarkan PMA RI No. 8 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Palangka Raya.

            Melalui dinamika kepemimpinan pada periode masing-masing kepemimpinan, perkembangan UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya telah mencapai perkembangan yang positif sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam mendukung visi, misi, dan tujuan IAIN Palangka Raya. Kali pertama UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya dipimpin oleh Drs. H. Abdul Qodir, M.Pd (Periode Tahun 1997-2008). Pada saat itu, Pusat Bahasa mulai memperkenalkan diri sebagai agen perubahan untuk mengenalkan STAIN Palangka Raya khususnya dari sisi kontribusi pengembangan Bahasa di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Lalu, berikutnya pimpinan dilanjutkan oleh Sabarun, M.Pd (Periode Tahun 2009-2010). Pusat Bahasa STAIN Palangka Raya terus berproses mengembangkan diri dengan melaksanakan penyelenggaraan pelayanan Bahasa. Selanjutnya, pimpinan dilanjutkan oleh Nurul Wahdah, M.Pd (Periode tahun 2011-2014). Dalam mempersiapkan transformasi menjadi IAIN Palangka Raya, Pusat Bahasa berupaya maksimal untuk mendukung visi kampus dari sisi pengembangan Bahasa dan layanan Bahasa. Periode kepemimpinan berubah saat menjadi IAIN Palangka Raya. Maka UPT Pengembangan Bahasa dipimpin oleh Hj. Apni Ranti, M.Hum (Periode Tahun 2015-2020). Dalam proses perkembangannya, UPT Pengembangan Bahasa berusaha secara maksimal dalam menyelenggarakan program kerja untuk pengembangan Bahasa dan pelayanan Bahasa dalam mendukung visi, misi, dan tujuan IAIN Palangka Raya.

UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya merupakan salah satu dari unsur penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan IAIN Palangka Raya (Hal ini berdasarkan PMA RI No. 8 Tahun 2015 Pasal 66). UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya mempunyai tugas melaksanakan pelatihan dan pengembangan Bahasa bagi sivitas akademika IAIN Palangka Raya (Hal ini berdasarkan PMA RI No. 8 Tahun 2015 Pasal 70). Secara teknis, tugas tersebut diselenggarakan dalam pelaksanaan pelayanan Bahasa dan tes kompetensi Bahasa. UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat oleh Rektor, berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (Hal ini berdasarkan PMA RI No. 8 Tahun 2015 Pasal 70). Saat ini, pada tahun 2021 UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya dipimpin oleh M. Zaini Miftah, M.Pd (Hal ini berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 086 Tahun 2021).

            Dalam proses perkembangannya, UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya sangat siap dan berkomitmen melaksanakan tugas dan wewenangnya dalam mendukung persiapan proses transformasi menjadi UIN Palangka Raya. Tahun 2021, UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya berusaha melakukan penyegaran visioner, pembenahan manajerial dan penyusunan personalia serta program-program kegiatan yang lebih spesifik, aktual dan relevan yang dapat mengatasi persoalan khususnya di masa pandemi COVID-19. Sehingga dengan ikhtiar ini kelak UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya dapat menjadi salah satu lembaga Bahasa terkemuka sesuai dengan tekad transformasi menjadi UIN Palangka Raya untuk menjadi kampus PTKN terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah yang siap berkompetisi secara internasional.

Visi

Menjadi pusat pengembangan Bahasa dan penyedia layanan Bahasa yang inovatif berkelanjutan untuk mendukung visi IAIN Palangka Raya menjadi perguruan tinggi bereputasi internasional.

Misi

1.      Menawarkan pelatihan pengembangan Bahasa terbaik kepada sivitas akademika IAIN Palangka Raya

2.      Menawarkan layanan Bahasa terbaik kepada sivitas akademika IAIN Palangka Raya

3.      Menyelenggarakan pengembangan Bahasa dan layanan Bahasa terbaik kepada pemangku kepentingan di luar IAIN Palangka Raya.

4.       Mengembangkan manajemen yang mendorong pembelajaran yang inovatif berkelanjutan dalam pengembangan Bahasa dan layanan Bahasa.

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive