Senin, 18 September 2017


Pre-Test Penentuakan Kelas Intensive Course Bahasa
Tak jarang kita mendengar dan membaca berita tentang para dosen dan mahasiswa IAIN Palangka Raya berkecimpung dalam kegiatan Internasional seperti seminar internasional, pertukaran pelajar, KKN Internasional dan bahkan ada beberapa Negara Asing yang melakukan kerjasama penelitian bersama IAIN Palangka Raya yakni Negara Belanda, Inggris, Jepang, Malaysia, Thailand, India dan beberapa Negara lainnya.
Karna banyaknya kegiatan Internasional tersebut maka tak mengherankan lagi jika IAIN Palangka Raya terdorong untuk mulai berbenah dan meningkatkan kemampuan Bahasa Asing mahasiswa sejak mahasiswa tersebut berada di semester satu melalui kegiatan Intensive Course Bahasa yang diselenggarakan oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pengembangan Bahasa. Kegiatan Intensive Course Bahasa adalah pembekalan Bahasa Asing yang terdiri dari Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang bertujuan memberikan dasar-dasar kemampuan berbahasa Asing supaya mahasiswa mampu mengikuti perkuliahan kebahasaan di masing-masing program studi dan mampu berkomunikasi Bahasa Asing secara lisan dan tulisan.
Kegiatan ini juga sebagai sarana shock therapy bagi mahasiswa yang belum terbiasa menggunakan bahasa Asing Bahasa Arab atau Inggris. Hal ini didasari dari Input penerimaan mahasiswa baru IAIN Palangka Raya yang menerima Mahasiswa dari berbagai macam latar belakang pendidikan.     
Mungkin bagi alumni pondok presantren dan madrasah, Bahasa Arab sangatlah mudah dibandingkan Bahasa Inggris karena mereka sudah terbiasa menggunakan Bahasa Arab. Lain halnya dengan alumni sekolah umum, mereka akan kesulitan untuk mengikuti perkuliahan bahasa Arab dan lebih condong ke Bahasa Inggris karena di sekolah mereka tidak ada mata pelajaran Bahasa Arab.
Melalui kegiatan Intensive Course Bahasa diharapkan mahasiswa semester satu yang telah dibina nantinya mampu berkomunikasi dengan bahasa Asing secara lisan maupun tulisan, mampu mengikuti proses kegiatan perkuliahan kebahasaan (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) di masing-masing prodi IAIN Palangka Raya, mampu mengikuti kegiatan Internasional dan selanjutnya dapat mengatarkan terwujudnya cita-cita Perguruan Tinggi Islam Negeri Terbesar di Kalimantan Tengah ini untuk menjadi World University Class dan Research University Amin……………………
Reaksi:
Posted by Upt Pengembangan Bahasa On 04.10.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive