Kamis, 07 Desember 2017


Sangat membanggakan setelah berjuang beberapa tahun kemudian lulus dan menyandang Predikat Alumni IAIN Palangka Raya, tetapi akan lebih membanggakan lagi jika IAIN Palangka Raya juga mengetahui situasi alumninya melalui Tracer Study. Apa itu Tracer study? Silahkan meluangkan waktunya sejenak untuk memahami apa itu tracer study, apa tujuannya dan berapa pentingnya Tracer study
Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di IAIN Palangka Raya. Di beberapa negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study. Tracer Study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja . Tracer Study bagi IAIN Palangka Raya itu sendiri memiliki beberapa tujuan penting dalam pelaksanaannya. Tujuan itu antara lain; 
  1. Untuk memperoleh informasi penting berupa umpan balik dari  alumni IAIN Palangka Raya sebagai perbaikan, pengembangan sistem dan pengelolaan pendidikan perguruan tinggi, baik fasilitas, metode pengajaran dan pembelajaran, proses, serta pelayanan. 
  2. Sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui relevansi pendidikan tinggi dengan pekerjaan. Hal tersebut membantu Institusi untuk mengembangkan hardskill dan softskill mahasiswa sesuai dengan keperluan dunia kerja. 
  3. Sebagai umpan balik bagi jaminan kualitas perguruan tinggi  (Insurance Quality) atau dalam menentukan kebijakan pendidikan secara nasional. 
  4. Untuk membantu perguruan tinggi dalam proses akreditasi Institusi dan Program studi, baik nasional oleh BAN-PT maupun internasional standar ISO. 
  5. Memberikan masukan dan data penting terkait Alumni yang telah mengabdi di lembaga-lembaga Negara atau swasta, Hal ini bisa berupa karakteristik, kerja nyata, profesionalitas para alumni IAIN Palangka Raya. 
  6. Sebagai informasi berharga bagi mahasiswa, orang tua, dosen, administrasi pendidikan dan para pelaku pendidikan mengenai alumni/lulusan perguruan tinggi. Hal ini akan membantu daya minat para pelajar untuk kuliah di IAIN Palangka Raya.
Video : Wisuda Sarjana dan Magister IAIN Palangka Raya 2017

Silahkan mengunjungi website Tracer study dengan klik link http://simak.iain-palangkaraya.ac.id/simak/alumni.zul Tunjukkan bahwa Alumni IAIN Palangka Raya sangat membanggakan dan akan ikut mewujudkan IAIN Palangka Raya terakreditasi “A” Amin…..



Reaksi:
Posted by Upt Pengembangan Bahasa On 14.33.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive