Kamis, 18 Januari 2018

Semakin meningkatnya kebutuhan akan kemampuan bahasa asing baik Bahasa Arab  (TOAFL) dan Bahasa Inggris (TOEFL) sebagai syarat ujian skripsi, ujian tesis, mendaftar pascasarjana, memperoleh beasiswa bahkan melamar pekerjaan baik di lembaga pemerintah dan swasta.
UPT.Pengembangan Bahasa IAIN Palangkaraya berusaha melakukan beberapa inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing mahasiswa. Salah satu inovasi tersebut akan mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2018, yakni; mengeluarkan kartu kendali TOEFL-like dan TOAFL-like. Kartu kendali tersebut adalah kartu yang wajib dibawa oleh mahasiswa IAIN Palangkaraya program sarjana saat mendaftar sebagai peserta tes TOEFL-like dan TOAFL-like.
Tujuan umum dari kartu kendali tersebut yakni untuk memacu semangat dan kedisiplinan mahasiswa IAIN Palangkaraya dalam mempersiapkan dan mengikuti tes TOEFL-like dan TOAFL-like. Sedangkan tujuan khususnya yakni membantu para pembimbing akademik dan para pembimbing skripsi untuk mengetahui kondisi skor TOEFL/TOAFL mahasiswa yang mereka bimbing, sehingga para dosen akan mudah untuk memonitor dan memotivasi mahasiswa untuk mencapai skor TOEFL/TOAFL sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh IAIN Palangkaraya.   
 Baca: Jadwal Pendaftaran TOEFL-like dan TOAFL-Like UPT. Pengembangan Bahasa IAIN Palangkaraya
Adapun tujuan khusus untuk mahasiswa, kartu tersebut akan membantu mereka untuk memanajemen kesempatan Free TOEFL selama 2 Semester, mengetahui kekurangan dan kelebihan skill bahasa pada tiap-tiap section, dan juga mengetahui berapa kali telah menempuh tes TOEFL/TOAFL. Data jumlah berapa kali tes TOEFL-Like dan TOAFL Like ini akan membantu mahasiswa jika dirasa sudah tidak mampu lagi mencapai nilai minimal skor 450 TOEFL-like dan TOAFL-Like, untuk segera menempuh jalur tes TKBA (Tes Kemampuan Bahasa Asing) sebagai syarat ujian skripsi.
Dalam kartu kendali TOEFL/TOAFL Like telah dicantumkan alamat website dan Fanpage  UPT.Pengembangan Bahasa, indentitas Mahasiswa, bulan target ujian skripsi. Sedangkan pada kolom yang harus diisi oleh mahasiswa, tercantum; tanggal tes, jumlah benar pada setiap section, konversi pada setiap section, dan skor yang diperoleh. Mudah-mudahan dengan diluncurkan dan diwajibkan kartu kendali TOEFL-like dan TOAFL-like ini semakin memacu semangat mahasiswa IAIN Palangkaraya untuk menguasai bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Mengingat betapa pentingnya kedua bahasa asing tersebut dalam mewujudkan research university dan world class university.
Reactions:
Posted by Upt Pengembangan Bahasa On 12.38.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive