Jumat, 12 April 2019

Setelah tahun lalu IAIN Palangka Raya menjalin kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi (Saudi Electronic University / SEU). UPT.Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya telah mempraktekkan pembelajaran online bahasa Arab pada Kegiatan Pelatihan Intensive Course Bahasa Arab bagi Mahasiswa IAIN Palangka Raya angkatan 2018.
Kegiatan belajar online bahasa Arab ini sifatnya gratis, semua mahasiswa ataupun umum bisa melakukan pendaftaran dengan klik “join” pada website https: //www.arabic-online.net. Setiap peserta yang pertama melakukan pendaftaran maka akan diminta untuk mengisi beberapa kolom seperti “ First name, Last nime, Emailm Gender, Your Country, Education level dan Your Phone No.” Setelah anda melakukan registrasi tesebut, maka anda diminta untuk bersabar dulu menunggu email konfirmasi bahwa anda diterima untuk mengikuti kegiatan belajar Bahasa Arab online (umumnya 24 jam dan paling lama menunggu konfirmasi selama 3 hari.)
Sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Arab https: //www.arabic-online.net Peserta akan diminta untuk menjawab Pre-Test Bahasa Arab sebanyak 60 soal. Setelah itu, aplikasi pembelajaran online akan menunjukkan level kemampuan peserta, setelah mengetahui level kemampuan berbahasa Arab, aplikasi ini akan membantu peserta untuk menunjukkan materi-materi apa yang harus dipelajari.

“Kegiatan pembelajaran Bahasa Arab online ini sudah berjalan 2 bulan dan Alhamdulilah antusias mahasiswa untuk belajar Bahasa Arab luar biasa karena bisa belajar dimanapun dan kapanpun” tutur Ustadz Rofiiddin Aziz.
Dalam penyajian materi pembelajaran Bahasa Arab online pada https: //www.arabic-online.net., Aplikasi ini memberikan materi muhadatsah (Menampilkan percakapan orang arab terkait materi), Mufrodat (Penguasaan Kosakata yang disertai dengan audio), Mitsal (Penggunaan kata dalam kalimat), Paktek pengunaan kosa kata, Qiro’ah (Latihan membaca dengan keras), Kitabah (Menulis kata dan Kalimat), Kalam (Mencoba untuk mengungkapkan kata dan aplikasi mencoba untuk mengoreksi apa yang dikatakan) dan setelah tahah-tahap tersebut selesai peserta diminta untuk mengikuti Imtihan (Uji kemampuan).
Kami berharap dengan penerapan ini semakin menumbuhkan mahasiswa IAIN Palangka Raya untuk semakin mencintai belajar Bahasa Arab karena Bahasa Arab adalah bahasanya Agama, Al-Qur’an, Hadits dan bahasanya sumber-sumber ilmu pendidikan.
Dinarasikan : cp/uptpb/12 April 2019
Reactions:
Posted by UPT PENGEMBANGAN BAHASA On 00.01.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive