Jumat, 26 April 2019

Pada 25-26 April 2019, di Hotel G'Sign, dua Perwakilan dari UPT. Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya telah mengikuti Workshop Nasional Pengembangan Unit Pengembangan Bahasa Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin.
            Dua perwakilan IAIN Palangka Raya yakni; Citra Priski Abadi, S.S.,M.Pd (Pengelola Data) dan Rofiuddin Aziz,S.Pd.I (Laboran). Dalam workshop tersebut turut hadir beberapa peserta dari 14 perguruan tinggi di Kalteng dan Kalsel; STAI Rakha Amuntai, STIQ Amuntai, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STAI Darussalam Martapura, STAI Al Falah, STIT Darul Hijrah, Poltekes (Banjarbaru), STAI Darul Ulum Kandangan, STAI Al Washliyah Barabai, IAIN Samarinda, STAI Kuala Kapuas, UNISKA, Universitas Sari Mulia, dan STAI Al Jami.
Adapun beberapa materi yang dibahas dalam workshop tersebut yakni;
Pengelolaan Pusat Bahasa di UIN Jakarta  dan Pengembangan Kerjasama Pusat Bahasa oleh Siti Nurul Azkiyah, Ph.D. Dalam materi ini pembahasan Pengelolaan Pusat Bahasa terfokus pada; Visi dan Misi PPB UIN Jakarta, Struktur PPB UIN Jakarta, Indikator Performance, Rencana Kerja/Roadmap PPB UIN Jakarta, Program Kerja Tahunan dan RBA dari Universitas, Proram Kerjasama, Program Biaya Masyarakat Luar, Komunikasi dan Evaluasi, Reward dan Tantangan /Kendala.Adapun pda pembahasan Pengembangan Pengelolaan Pusat Bahasa terfokus pada; Mengapa perlu kerjasama?, Bagaimana memulai? Dan Pengalaman UIN Jakarta

Pengelolaan Pusat Bahasa di UIN Malang dan Peluang dan Tantangan Pusat Bahasa ke Depan oleh Dr. H, M. Abdul Hamid, MA. Dalam materi ini pembahasan terfokus pada; sejarah singkat PPB UIN Malang, Visi dan Misi, Program PPB yakni; PKPBA (B. Arab), PKPBI (B. Inggris), Bidang Terjemah, Bidang Pelatihan dan Kerjasama, Bidang Publikasi, CLCC (Bahasa Mandarin) dan Persia, Bidang TOEFL, Bidang Penjaminan Mutu, Bidang Workshop, Bidang Jurnal.

“Mengapa Bahasa di UIN Malang bisa berkembangan dengan pesat, ya karena langsung di dukung oleh atasan kami dengan ada 19 sks khusus untuk  PKPBI (Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab) dan PKPBI (Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris) dan beberapa faktor lainnya yang menjadi ciri khas dan pembeda UIN Malang dengan Perguruan tinggi pada umumnya.” Tutur Dr. H,M.Abdul Hamid,MA

            Setelah mengikuti kegiatan Workshop ini, kami berharap UPT. Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya bisa menjadi pusat Pengembangan Pembelajaran dan Pelayanan bahasa yang profesesional bukan hanya bagi sivitas Akademik IAIN Palangka Raya tetapi juga untuk masyarakat Umum di Kalimantan.




           

Reactions:
Posted by UPT PENGEMBANGAN BAHASA On 17.08.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Archive