Rabu, 09 Agustus 2023

Pada hari Kamis, tanggal 27 Juli 2023 UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya menerima kunjungan dari 32 orang siswa-siswi (15 putra & 17 putri) dan 3 (tiga) guru pendamping Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) kota Palangka Raya. MAN IC Kota Palangka Raya merupakan satu-satunya MAN IC yang ada di Kalimantan Tengah, sudah dikenal dengan keunggulan program-program akademiknya. Selain itu, MAN IC memiliki siswa-siwa yang berpotensi dan berbakat, dikarenakan adanya penjaringan siswa-siswi yang ketat dan diadakan secara nasional. Di UPT Pengembangan Bahasa, rombongan berkunjungan ke Laboratorium Bahasa 1 yang berfungsi sebagai ruang tes sejenis TOEFL dan TOAFL dan ke ruang Laboratorium Bahasa 2 yang berfungsi sebagai ruang belajar dan bimbingan bagi peserta pelatihan persiapan tes sejenis TOEFLdan TOAFL. 

Kepala UPT Bahasa Dr. Rahmadi Nirwanto, M.Pd beserta beberapa staf secara langsung menyambut kedatangan siswa-siswi MAN IC Kota Palangka Raya. Dalam pertemuan tersebut, Dr. Rahmadi Nirwanto, M.Pd menjelaskan beberapa program yang berkaitan dengan pelayanan pengembangan bahasa seperti pelatihan persiapan tes sejenis TOEFL, TOAFL, bimbingan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab dasar, presentasi dan pidato bilingual serta penerjemahan bahasa. Ke depannya, UPT Pengembangan Bahasa memfasilitasi tes bagi lulusan SMA dan sederajat yang mendapatkan beasiswa, terutama Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin kuliah di IAIN Palangka Raya. Selain itu, UPT Pengembangan Bahasa menjaring mahasiswa-mahasiswi yang berbakat untuk dilatih kemampuan bahasanya sehingga nantinya mereka bisa mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

Pada saat pertemuan antara siswa-siswi dengan pengelola laboratorium, juga diadakan diskusi, tampaknya  siswa-siswi MAN IC Kota Palangka Raya sangat aktif terlibat dalam tanya jawab dan bercerita baik dalam  bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan juga bahasa Arab. Kepala UPT Bahasa Dr. Rahmadi Nirwanto, M.Pd juga memaparkan bahwa ada 3 (tiga) mahasiswa IAIN Palangka Raya pada tahun 2023 ini berhasil mendapatkan beasiswa MORA OVERSEAS STUDENT MOBILITY AWARDS (MOSMA) ke luar negeri yakni dengan tujuan Amerika Serikat, dan Tunisia, Adapun mahasiwanya adalah Josilia Puspito Rahayu (mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris),  Muhammad Aqli (mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris) dan Muhammad Tabrani (mahasiswa prodi pendidikan bahasa Arab). ”Sungguh prestasi yang membanggakan” ujar beliau.” Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya siap  melayani keperluan mahasiswa-mahasiswi IAIN Palangka Raya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa mereka dan mewujudkan impian mereka terutama yang ingin studi ke luar negeri. 


Posted by UPT BAHASA On 01.32.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Postingan Populer

Archive

Hubungi Kami