Kamis, 18 Mei 2023


Suatu kehormatan dan  kesempatan berharga bagi dosen-dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya karena telah bertemu langsung  dengan penulis dan peneliti produktif, Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd dari Universitas Sebelas Maret (UNS) walaupun memiliki kesibukan yang luar biasa, masih bisa menyempatkan dirinya untuk menjadi  narasumber dalam “ Workshop Penulisan Manuskrip Jurnal Ilmiah Berbahasa Inggris bagi Dosen IAIN Palangka Raya,” yang diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya pada hari Sabtu, 26 Nopember 2022, baru baru ini, di Gedung Lab Terpadu, Ruang Lab. Bahasa II.  

Workshop ini  diikuti oleh  sejumlah dosen-dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya, yang masing-masing mewakili FTIK, FUAD, FASYA, FEBI, dan PASCASARAJANA. Diharapkan bahwa hasil workshop ini dapat mendorong dosen untuk selalu meningkatkan kompetensi dalam menulis artikel yang dapat dipublikasi nantinya di jurnal-jurnal yang terindeks Sinta maupun scopus.

Acara workshop dibuka secara oleh Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sadiani S.H, M.H, mewakili Rektor IAIN Palangka Raya. Salah seorang dosen peserta workshop, berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), yang mewakili FTIK, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd berpendapat bahwa workshop relevan dengan kebutuhan dosen karena dosen semakin tahun semakin mendapatkan tantangan dalam hal  profesionalismenya, dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek, setiap semester, dosen berkewajiban melaporkan Beban Kinerja Dosen (BKD), tentu di antara yang harus dipenuhi adalah harus ada artikel yang sudah dipublikasi  Untuk menuliskan sebuah artikel, diperlukan pengetahuan dan ketrampilan memadai. Dengan adanya narasumber yang berpengalaman, semakin banyak hal-hal bisa yang dibagi kepada kepada peserta. Selain itu, peserta bisa mendapatkan ilmu yang bersifat “best practice” atau praktek baik yang merupakan contoh kongkret sehingga peserta dapat dengan mudah memahami bagaimana menulis sebuah artikel. Lebih lanjut, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd, mengemukaan bahwa kebutuhan paling mendesak adalah membimbing mahasiswa dalam membuat tugas akhir, yang kemudian hasil bimbingan tersebut akan dipublikasikan. Kalau dosen memiliki wawasan luas  terhadap cara pembuatan artikel, akan mempermudah dirinya dalam mahasiswa.


Posted by UPT BAHASA On 12.00.00 No comments

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Postingan Populer

Archive

Hubungi Kami